Matriks


😀 Hai hai matematika mania.... Selamat datang di blog K'MelL yang sederhana ini. Pada kesempatan ini K'MelL akan berbagi ringkasan materi tentang MATRIKS, matematika wajib kelas 11 SMA. Judul pelajaran ini mengingatkan K'MelL dengan Film layar lebar dengan judul MATRIX yang diperankan aktor ganteng Keanu Reeves. Cerita film ini tentang seorang hacker yang bernama Neo yang bergabung dengan sebuah kelompok pemberontak melawan program-program komputer penjaga yang disebut agen. Para pemberontak ini dipimpin oleh Morpheus. Film yang sangat menarik karena kita serasa berada di dunia pemrograman komputer dan jika K'MelL boleh berpendapat, yang bikin ini film mungkin terinspirasi dari pelajaran matematika Matriks karena ada susunan angka-angka, progran komputer dan kode sandi...hehe 😀

Matriks merupakan materi yang tebilang sulit dan menakutkan bagi sebagian besar pelajar. Dikarenakan pendapat mereka mengenai materi tersebut belum jelas fungsi dan manfaatnya. Berikut K'MelL akan membahas singkat fungsi dan kegunaan matriks. Matriks adalah kumpulan bilangan atau simbol yang berbentuk persegi maupun persegi panjang yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Matriks pertama kali ditemukan oleh ilmuan bernama Arthur Cayley.
  • Matriks berguna untuk memudahkan perhitungan persamaan linear dari yang dua variabel hingga banyak variabel. Matriks membuat persamaan yang ada menjadi lebih terstruktur dan mudah diselesaikan. Kasus ini banyak ditemukan pada permasalahan analisis data pada bidang ilmu Ekonomi.
  • Analisis kependudukan. Dengan luasnya daerah yang didata, maka matriks berfungsi untuk mengelompokkannya sehingga diperoleh data yang akurat baik mengenai jumlah penduduk, tingkat kesehatan, penghasilan, dan lain-lain.
  • Program komputer. Matriks berkolaborasi dengan ilmu matematika lainnya seperti Transformasi membentuk desain, warna, gambar dan lain-lain.
  • Dalam dunia militer, matriks berfungsi untuk memecahkan kode atau sandi. Akan adek-adek temui di dunia perkuliahan mata kuliah Kriptografi.
Masih banyak lagi manfaat belajar matriks. So.... jangan kebanyakan mengeluh. Selalu perkaya dirimu dengan ilmu pengetahuan dan selalu berfikir positif ya...

Sekian dulu mukadimahnya, silahkan adek-adek download file pdf nya, dan jika ada pertanyaan atau mau request mata pelajaran apapun yang mau K'MelL buatkan ringkasannya, silahkan adek-adek tinggalkan jejak di kolom komentar.

Selamat belajar...

Unsur, Jenis, Operasi Matriks 👉 
Determinan ðŸ‘‰  

Invers ðŸ‘‰  



No comments:

Post a Comment