Statistika


Hai hai MATEMANIA... Selamat datang di blog K'MelL yang sederhana ini. Kali ini K'MelL akan berbagi ringkasan materi pelajaran matematika SMA kelas 12 dengan judul Statistika.

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan DATA. Istilah Statistika berbeda dengan Statistik. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. 

Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, contohnya:
  • Ilmu alam ➤ astronomi, biologi, kimia, dll. Biasanya digunakan dalam menyimpulkan suatu percobaan yang sifatnya terus-menerus.
  • Ilmu sosial ➤ sosiologi dan psikologi, dalam menyimpulkan karakteristik masyarakat suatu daerah.
  • Bidang bisnis dan ekonomi ➤ ada banyak penggunaan statistika disini, contohnya: data penjualan, untug rugi suatu bisnis, pembangunan, ekspor impor, dll.
  • Industri ➤ biaya produksi, banyak produksi, cacat produksi, dll
  • Pemerintahan ➤ sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta hitung cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. 

Rata-rata kehidupan sehari-hari kita menggunaan statistika. Sederhananya saja, sebelum berkegiatan perhitungan dan prediksi yang kita lakukan misalkan: keuangan rata-rata satu hari termasuk ongkos kendaraan umum, makan siang dan hal tak terduga lain. Kemudian jarak tempuh rata-rata ke sekolah atau tempat kerja supaya tidak telat, berikut dengan prediksi gangguan di jalan seperti macet. Jadi secara tidak sadar adek-adek telah menerapkan ilmu statistik di kehidupan sehari-hari. Sekarang ayo kita pelajari Statistika untuk hal yang lebih besar lagi....

Silahkan adek-adek download file nya pada link di bawah. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Terima kasih...

Selamat belajar...




No comments:

Post a Comment