Subtema 1 Ciri - Ciri Makhluk Hidup

👯 Assalamualaikum wr.wb. Hai hai adek-adek kelas 3 SD... Selamat datang di blog K'MelL yang sederhana ini dan terima kasih atas kunjungannya. Kali ini K'MelL akan berbagi materi pelajaran Tematik: Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup ➤ Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Postingan ini K'MelL buat karena ada yang request dari K'Elvi (teman kerja K'MelL) untuk bahan referensi di Bimbingan Belajar yang lagi dibangun oleh K'Elvi... (Semoga segalanya berjalan lancar K'Elvi...).

Postingan ini berisi kesimpulan dari Subtema 1 yang sudah K'MelL pisahkan permata pelajaran, tujuannya untuk mempermudah adek-adek dalam menghafal dan memahami pelajaran. Selain itu juga membantu orang tua di rumah ketika memahami soal ujian siswa yang dipisah permata pelajaran.

Sistem tematik memang membuat pusing tujuh keliling. Semua mata pelajaran digabung dalam satu bab pelajaran tanpa ada informasi bagian mana yang IPA, Bahasa Indonesia, PPKn, dan lain-lain. Dari siswa Privat yang K'MelL punya, guru di sekolah sudah sedemikian rupa membuat cara untuk siswa bisa membedakan tema berdasarkan mata pelajaran, dengan memisahkan catatan, menulis di kertas kemudian dijilid diakhir semester, dan lain sebagainya. Namun yang namanya anak SD pasti berantakan dan ujung-ujungnya bikit ribet dan penuh kesembrautan dengan kertas-kertas. 

Waadaadidaaww...... Apapun itu kita doakan saja yang terbaik untuk pendidikan di Indonesia. Semoga kurikulum ini bisa lebih disederhanakan lagi, karena menuruk K'MelL dan sebagian besar guru, metode KTSP jauh lebih baik dan tepat sasaran.

Now... Silahkan adek-adek download file pdf-nya. Jika adek-adek ada pertanyaan, kritik dan saran, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan membantu adek-adek dalam memahami pelajaran di sekolah.

Selamat belajar...





3 comments: