Persamaan & Pertidaksamaan Rasional & Irasional


☺ Hai hai matematika mania... Welcomeback to my blog yang sederhana ini. Kali ini K'MelL akan berbagi postingan tentang Persamaan & Pertidaksamaan Rasional & Irasional, matematika wajib SMA kelas 10. Postingan ini dibuat berdasarkan request adek @firdaayu di instagram K'MelL : @matematik.amel.

Awal penemuan bilangan irrasional tidak lepas dari bilangan-bilangan bulat yang telah dikenal saat itu. Bilangan-bilangan bulat adalah abstraksi yang timbul dalam proses menghitung kumpulan-kumpulan objek yang terbatas. Keperluan hidup sehari-hari meminta kita untuk selalu menghitung dan mengukur. 

Bilangan-bilangan rasional dapat ditafsirkan dengan geometri yang sederhana (biasa disebut garis bilangan), yaitu tandailah sebuah garis datar dengan titik 0 dan 1, titik 0 terletak disebelah kiri 1. Dari sini bilangan negatif bisa ditunjukkan pada titik-titik disebelah kiri titik 0, bilangan bulat positif disebelah kanan 1, sedangkan pecahan (rasional) dapat dinyaktakan dengan titik yang membagi tiap satuan bilangan bulat. Dengan cara seperti itulah timbul kesenjangan, bahwa terdapat titik pada garis itu yang tidak mewakili bilangan rasional manapun. Para pengikut pythagoras menunjukkan bahwa tidak ada bilangan rasional yang menyatakan pecahan dalam garis tersebut, yaitu bentuk akar (irasional).

Kelanjutan ceritanya, silahkan ditanya ke Mbah Google yaa...... 😝

Kembali ke LEPTOOOPP.... Tanpa basa basi lagi, silahkan adek-adek download file pdf Persamaan & Pertidaksamaan Rasional & Irasional berikut ini. Semoga bermanfaat dalam membantu memahami pelajaran di sekolah....

Jika ada pertanyaan, atau pingin request materi pelajaran matematika apapun, silahkan adek-adek tinggalkan jejak di kolom komentar atau DM ke IG K'MelL @matematik.amel dan jangan lupa Subscibe Youtube Channel K'MelL juga ya.... Terima kassih atas kunjungannya...

Selamat belajar....

Persamaan & Pertidaksamaan Rasional  
Persamaan & Pertidaksamaan Irasional  





No comments:

Post a Comment