SBMPTN ➤ Operasi Aljabar

😀 Hai hai guyssss... Selamat datang di blog K'MelL yang sederhana ini. Kali ini K'MelL akan membahas soal tes UTBK - SBMPTN - Tes Potensi Skolastik (TPS) - Pengetahuan Kuantitatif (PK) - Operasi Aljabar. Ada banyak perbedaan pada penyelenggaraan SBMPTN tahun 2019 dengan tahun-tahun sebelumnya. Baik dari jenis soal, waktu pengerjaan, sistem perhitungan skor, maupun waktu tesnya yang diadakan dua kali.

Tes Potensi Skolastik (TPS) bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir sebagai patokan keberhasilan proses pendidikan di sekolah formal. Untuk Pengetahuan Kuantitatif sendiri, terdiri dari 20 soal yang dikerjakan dalam waktu 35 menit.

Dari contoh soal yang dikeluarkan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), maka K'MelL mencoba mengumpulkan soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya yang kira-kira saling berhubungan. Berikut adalah contoh soal dari LTMPT:


Jawabannya adalah C karena 64 sama dengan 8 kuadrat dan 64 sama dengan 4 pangkat tiga.

Jadi, dari contoh soal di atas, bisa kita simpulkan kalau soalnya itu gampang-gampang susah. Kita harus memikirkan beberapa kemungkinan dulu sebelum paham jika soalnya tidaklah sulit. Sekedar tau rumus aja nggak cukup, kita harus menalar soalnya dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada.

Soal-soalnya nggak terlalu sulit jika adek-adek sudah menguasai dasar matematika. Tantangannya bukan disana, tetapi di waktu pengerjaan. Satu soal diharapkan selesai dalam waktu kurang lebih satu setengan menit. Wow... membaca aja udah habis satu menit blum lagi mikirnya, ya khan... Nggak usah panik dulu, berikut K'MelL kasi tau beberapa tips mengerjakannya:

1. Jangan panik (tenangkan diri dengan berdoa)
2. Bekali diri dengan belajar
3. Berlatih dengan patokan waktu
4. Jangan membaca soal berulang-ulang
5. Kerjakan soal yang dirasa mampu
6. Jangan terlalu fokus dengan satu soal
7. Jangan ada jawaban yang kosong karena tidak ada sistem skor minus

Nah, pada kesempatan kali ini K'MelL akan berbagi beberapa contoh soal PK yang K'MelL kelompokkan berdasarkan mata pelajaran dengan tujuan memudahkan adek-adek dalam berlatih dan menghafal rumus-rumus dasar matematika. Postingan ini akan membahas contoh soal tentang Operasi Aljabar dulu. Tunggu kelanjutan soal-soal berikutnya ya....

Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Terima kasih...

Selamat belajar...




Postingan terkait
SBMPTN ➤  


1 comment: