Koordinat Kartesius

Hallowww.... selamat datang adek-adek kelas 8 SMP di blog K'MelL yang sederhana ini. Postingan kali ini K'MelL akan membahas pelajaran matematika dengan judul Koordinat Kartesius. Pastinya adek-adek sudah nggak asing lagi dengan koordinat kartesius. Sering digunakan dalam menggambar grafik. Pada artikel ini K'MelL akan berbagi sedikit tenang sejarah koordinat kartesius.

Koordinat kartesius ditemukan oleh ahli matematika dari Prancis bernama Rene Descartes dengan nama latin Renatus Cartesius. Ia tertarik dengan bidang ilmu geometri dan memiliki kepercayaan bahwa segala hal yang ada di bumi terbentuk karena ada pembuktian. Descartes akan menyendiri untuk membuktikan kebenaran akan sesuatu yang menjadi tabu oleh masyarakat setempat. 

Dimulai dengan membuat titik di bidang datar (bidang dua dimensi) dengan menentukan posisi tempat-tempat yang ia kenal. Kemudian dilanjutkan dengan garis tegak lurus ke atas yang kita kenal sekarang dengan bidang tiga dimensi. Pandangan Descartes yang paling terkenal adalah “Cagito, ego Sum” (saya berfikir oleh karenanya saya ada). Pada tahun 1650, Descartes meninggal dalam undangan Ratu Cristina di Swedia ketika diminta untuk menjelaskan pandangannya tersebut.

Demikianlah cerita singkat terbentuknya koordinat kartesius. Hikmah yang bisa diambil adalah, jika kita mau berfikir (bukan menerima saja) maka kita akan menemukan sesuatu yang bisa merubah minimal kehidupan pribadi menjadi lebih baik sebelum kita mengubah dunia.

Berikut K'MelL akan berbagi pelajaran singkat Koordinat Kartesius berdasarkan buku pakek K-13. Materinya K'MelL buat sesingkat mungkin supaya adek-adek mudah memahaminya. Semoga bermanfaat untuk membantu adek-adek belajar di sekolah. Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar ya...

Selamat belajar...







Postingan terkait

No comments:

Post a Comment