Persamaan & Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel


👱 Welcome to my blog. Selamat datang di blog K'MelL yang sederhana ini dan terima kasih atas kunjungannya... Postingan kali ini K'MelL akan membahas pelajaran Matematika kelas 10 SMA tentang Persamaan & Pertidaksamaan Nilai Mutlak Satu Variabel berdasarkan kurikulum 2013. Postingan berikut berisi ringkasan materi dan contoh penyelesaian soal yang sering muncul saat ujian.

Sedikit K'MelL akan bahas tentang nilai mutlak karena berdasarka pepatah, Tak Kenal Maka Kenalan... Hahahaaa... (mohon maaf atas kekhilafannya). Jadi, alangkah baiknya adek-adek kenal kulit luar nilai mutlak dulu sebelum jungkir balik mempelajari dan memahaminya (kayak PDKT ama cewe gituww... hihihi).

Nilai mutlak ialah nilai riil suatu angka yang tidak dapat dilambangkan dengan positif atau negatif. Dengan kata lain, nilai yang nyata adanya, bisa dilihat, diraba, diterawang. Dilambangkan dengan tanda dua garis lurus. Misal, jika mundur 3 langkah biasanya dalam bahasa matematika ditulis -3. Akan tetapi ini bukan angka nyata karena -3 nggak bisa 'dilihat, diraba, diterawang'. Jadi, nyatanya jika mundur tetap 3 satuan (langkah) begitupun jika maju, tetap 3 bukan +3, tidak ada angka positif atau negatif. Begitulah pemahaman sederhananya kira-kira.

Rata-rata siswa pasti mempertanyakan : Buat apa belajar ginian? Gak ada gunanya klo belanja ke warung... Wadadidawww... K'MelL jadi pingin jitak itu mereka punya pala. Emang adek-adek besar nanti mau jadi tukang jualan di warung? Nggak khann... Jadi coba lihat lebih jauh, yang adek-adek pelajari sekarang ini baru kulit luar dari matematika. Jika kamu bisa pelajari sampai lapisan kedua kulit tersebut, pasti kamu jadi orang yang lebih bersyukur, apalagi bisa sampai lihat kulit dalamnya, K'MelL pastikan kamu bisa jadi The Next B.J Habibie. Jadi, nilai mutlak banyak digunakan dalam membuat mesin, seperti mobil yaitu pada perhitungan pengguaan bensin dengan jarak tempuh. Bensin berkurang tetapi hitungan jarak tetap bertambah, jarak tidak mungkin berkurang walau bensin perlahan berkurang. Jadi, minus pada bensin tetap positif pada kilometer mobil. Naahh... klo pingin jadi pencipta mobil, mulai dari sekarang fokus belajar matematikanya yaa...

Berikut materi singkat tentang nilai mutlak dalam bentuk pdf. Langsung aja download ya... Jika adek-adek ada pertanyaan, kritik, saran atau request mau di posting tentang materi apapun, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Tengkyuuu...

Selamat Belajar...






Postingan terkait

No comments:

Post a Comment