Subtema 1 Organ Gerak Hewan


👯 Hai hai adek-adek kelas 5 SD... Ada yang request K'MelL untuk dibuatkan kesimpulan materi Tema 1 Organ Gerak Hewan & Manusia ➤ Subtema 1 Organ Gerak Hewan. This is It...! Beradarkan request adek 'R' yang pingin K'MelL buat ringkasan materi Subtema 1 permata pelajaran, maka terciptalah postingan ini.

Postingan ini akan membahas materi Subtema 1 yang sudah dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran. Kurikulum tematik memang sangat-sangat membingungkan. Ada banyak keluhan tentang penerapan kurikulum ini untuk tingkat Sekolah Dasar. Sebagian besar datang dari guru dan orang tua murid. Guru dituntut sedikit bicara banyak beri siswa praktek. Sementara orang tua di rumah bingung menghadapi keluhan anak ketika tidak mengerti mengerjakan tugas rumah atau PR. Kebanyakan guru juga tidak mengikuti aturan buku guru tematik K-13. Kebanyakan mereka mencari sumber referensi lain yang lebih lengkap dan jelas mata pelajaran yang dipelajari. Ada banyak buku terbitan yang lebih mudah dipahami.

Jika tujuan akhir pemerintah masih berpatokan pada nilai, maka kurikulum K-13 adalah kurikulum gagal total. K-13 mengharapkan siswa mampu mengembangkan potensi diri berupa hasill nyata, bukan sekedar angka hitam di atas putih. Kenyataannya, nilai masih jadi tolak ukur jika pingin mendapat sekolah dan universitas favorit melalui tes atau jalur prestasi. Otomatis tenaga pengajar dan peserta didik akan berfokus pada bagaimana cara mendapatkan nilai setinggi-tingginya, bukan menerapkan nilai menjadi nyata di kehidupan sehari-hari. Sekolah yang menerapkan K-13 mengharuskan muridnya mencari alternatif belajar lain seperti di bimbel-bimbel yang tumbuh dan sekarang mulai berkembang kayak jamur di hutan tropis. Siswa lebih santun pada guru bimbelnya ketimbang guru sekolah. Kenapa? Jelas nilai yang dituju, nilai yang menjadi patokan masa depan mereka, didapatkan di bimbel karena sistem bimbel yang to te point, tepat pada sasaran yaitu NILAI.

Berikut adalah ringkasan materi Subtema 1. Silakan adek-adek download dan semoga membantu adek-adek dalam belajar. Jika ada pertanyaan atau request, silakan adek-adek tinggalkan pesan di kolom komentar, thanks...

Selamat belajar..


No comments:

Post a Comment